Pages

Kamis, 31 Oktober 2019

Memilih bibit cengkeh yang unggul padat buah kualitas buah besar


PEMBAHASAN

Cengkeh, dalam bahas ingris disebut cloves, adalah cungkup bunga kering beraroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia, banyak di gunakan sebagai bumbu masakan pedas di Negara-negara eropa, dan sebagai utama rokok kretek khas Indonesia. (Wikipedia)
Adapun hal hal yang harus di perhatikan adalah dimana sejumlah batang tanaman cengkeh terdapat di kebun saya pribadi yang ada di desa pandung batu di mana ada pohon tanaman cengkeh memiliki buah yang sangat besar dan memiliki buah yang padat.
 Tanaman cengkeh di biarkan saja sampai buah tanaman menjadi kehitaman baru di ambil lalu di biarkan beberapa hari membusuk di tempat wadah yang di tentukan, setelah itu baru di kupas kulit buah cangkeh baru di ambil bijinya di dalam baru di tempatkan di suatu wadah yang berisi apakah sisa kayu yang di pake buat rumah, lemari semacam itu sampai ada keluar bakal jadi akar dari biji itu.
Persiapkanlah polybang isi tanah yang sudah di campur dengan pupuk kandang, setelah itu baru kita susun di tempat yang sudah di siapkan khusus pembibitan. Ambil biji cengkeh tersebut lalu ambil kayu sebagai tancapan di tega polybag untuk di masukan biji cengkeh yang keluar bakal akarnya nanti itu yang di tanam di polybag.




Setelah semua bibit cengkeh sudah ada di polybag maka selanjutkan kita melakukan perawatan rutin dengan cara memberikan air yaitu pagi dan sore agar bibit tanaman cengkeh stabil pertumbuhannya sampai siap di pindahkan
Tanaman cengkeh ini baru di nyatakan unggul pada saat sudah berbuah dan di lihat hasilnya ternayata buahnya padat karena sekitarnya itu berbeda ada yang buahnya kecil dan panennya sangat lama dan hasilnya juga rendah.
Sejak dulu tanaman cengkeh di ambil di desa desa lain lalu di produksi di  desa kami yaitu pandung batu, karna di jaman itu masih banyak masyarakat hanya menanam saja dan tidak tau mana yang bagus berkualitas tinggi, di desa pandung batu tanaman cengkeh sangat beragam ada yang buangnya kecil ada yang besar.

Dengan rencana kedepan maka pemilihan akan di kembangkan agar jumlah yang di hasilkan dalam satu pohon itu kualitas tinggi dan memiliki nilai yang tinggi, jika itu di kembangkan maka 100 pohon akan mengasilkan jumlah yang banyak dan keuntungan banyak karena kualitas yang bagus di produksi untuk meningkat nilai tinggi, apa lagi dalam satu pohon bisa di panen berhari hari karna jumlah buah yang di hasilkan padat dan besar.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

IG. mardin_duri