Pages

Jumat, 15 Desember 2017

HASIL RISET PASAR PRODUK KERAJINAN KHAS DAERAH

RISET PASAR

      Dari Risetpasar yang telah kami lakukan, Kami banyakmenemukan hasil kerajinan tradisional yang dimodifikasi dalam bentuk modern yang sangat laku dipasarkan dipasar tradisional maupun pasar modern, apalagi jika kita memasuki kawasan Tanah Toraja, kita akan banyak menemukan produk-produk tas khas Toraja yang sangat unik.




HASIL RISET

     Hasilriset yang telah Kami lakukan yaitu seperti halnya jika kita atau rombongan parawisata sedang berkunjung atau berlibur ke Tanah Toraja pasti kurang afdol rasanya jika kita pulang tanpa membawa cinderamata atau oleh-oleh khas Tanah Toraja seperti souvenir atau aksesoris. Dalam hal kebutuhan aksesoris ini, surfei membuktikan bahwa kaum wanita lebih unggul atau lebih banyak membutuhkan aksesoris daripada kaum laki-laki.


PENGEMBANGAN PRODUK

        Kami memilih produk kerajinan tas khas Tanah Toraja untuk dikembangkan karena tas ini sangat unik dan jarang ditemukan di daerah lain (Limited Edition) kecuali di daerah Tanah Toraja sendiri, selain jarang ditemukan produk tas ini juga merupakan produk tas yang sudah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Kami mengembangkan produk tas ini dalam proses pemasarannya dengan cara mempromosikannya di media sosial seperti ollshop, Olx, instagram dan di tokoh-tokoh maupun dipasar.

HASIL RANCANGAN

      Hasilrancangan yang telah Kami buatsangat trendi dan unik karena bahan pembuatannya dipadukan dengan kain tenun khas Toraja.
Gambar dari hasil rancangan kami sebagai berikut:



PROSES PRODUKSI
1. Cutting process
Proses pemotongan (Cutting Proses) merupakan proses pemotonganbahan dalam hal ini yakni pemotongan kain tenun sesuai pola tas yang akan dibuat. Pada proses pemotonganini, pengrajinmemerlukanmesinpotong (cutting machine).
2. Sewing / Stiching
Proses penjahitan (Sewing/Stiching) merupakan proses dimanabahanbaku yang telahdipotong sesuai bentuk pola akan dijahit. Pada proses ini pengrajin akan memerlukanbanyakwaktupengerjaandikarenakantingkatkesulitannya yang tinggi. Selain itu pada proses inijugamembutuhkanketelitian yang tinggi agar pola yang sudah di potongdapat terbentuk dengan sempurna sesaui pola.
3. Insole Production
Insole production merupakan proses insole pemasangankaindalamantas yang biasanyaterbuatdarikainparasut.
4. Assembly
Assemblyatau assembling merupakan proses dimanabagian-bagiantasdijahit menjadisatu. Pada proses ini seluruh bagianpola disatukan sehingga membentuk tas.
5. Treatment Upper dan Bottom
Sebelum dipasarkan tas yang telah jadi akan mengalami proses treatment dimana proses ini bertujuan untuk membersihkan atau mensterilkan tas dari bakteri pada saat proses distribusi atau pemasaran dengan cara penyinaran sinar UV (Ultra Violet).
6. Pendinginan
Tas yang telah melalui proses treatment selanjutnya akan memasuki bagianproses pendinginan yang bertujuanuntukmenghentikanperubahanpadabentuk material. Terdapatduacaradari proses pendinginan. Cara pertamayaitudidinginkansecaraperlahan-lahan. Pada proses ini tas akan dimasukkan kemesin pendingin. Dalammesinini tas didinginkan dengan menggunakan suhuruangan normal. Cara kedua, melaluipendinginancepat.Pada proses initas didinginkan dengan mesin pendingin yang bersuhu chiller.
7. Finishing
Proses finishing merupakan proses akhirdaripembuatan tas. Pada proses ini, tasakan melewatipemerikasaankualitas. Tas yang telah lulus daripemeriksaankualitasselanjutnyaakandikemas dengan menggunakan plastik yang berkualitas.Kemudiantas tersebut akan dipajang di dalam toko atau disimpan dalam gudang tempat penyimpanan produk yang siap dipasarkan.

PRODUK
Produk hasil riset pemasaran yang telah kami lakukan, contoh gambar produknya sebagai berikut:


DISTRIBUSI dan PEMASARAN

       Distribusidanpemasarantasinibisa Kita lakukan dengan cara menjualnya di toko-toko tas terdekat, toko souvenir dan aksesoris, danbisa juga di eksporlangsungkeluarnegerijikapermintaandariluarmelebihiekspetasi.

PASAR dan EVALUASI
      Hasilevaluasi yang Kami lakukan di pasar tradisional melalui internet menujukkanbahwatasinisangatlarisdipasaran terutama di daerah Toraja.






Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

IG. mardin_duri